Cara Upload File Hosting

Langkah yang harus anda lakukan setelah memiliki hosting dan nama domain pribadi adalah mengupload file situs anda ke server. Anda dapat melakukan ini melalui fasilitas cpanel yang ada dalam setiap paket pembelian hosting anda ataupun melalui FTP software seperti CoreFTP atau salah satu yang paling trend, stabil dan banyak digunakan orang, FileZilla. AnekaHost merekomendasikan menggunakan FileZilla sebagai FTP software anda, karena selain tampilan yang user friendly, juga fitur dan stabilitasnya cukup baik (tidak mudah putus atau error).

Bagaimana cara upload file ke hosting ?
Akan kami bahas langkah-langkah untuk upload file dalam 2 metode, yaitu metode Cpanel dan metode FTP Software. Anda bisa menggunakan metode manapun tergantung kenyamanan anda, karena kalau anda kerepotan dan memaksakan diri, hasilnya malah situs anda tidak dapat dipublikasikan melalui internet.

Upload File ke Hosting melalui Cpanel :

  1. Akses Cpanel anda, tanyakan pada pihak administrator anda kalau anda tidak tahu password dan username anda.
  2. Cari pilihan File, ada 2 pilihan File Manager yang bisa anda gunakan. Bisa dengan menggunakan File Manager atau Legacy File Manager. Keduanya sama-sama berfungsi untuk mengorganisasi file-file yang ada dalam situs anda, termasuk melakukan upload file.
  3. Pilih document root for domain yang akan anda manage / anda akan upload file ke dalamnya. Setelah itu anda akan dibawa pada halaman baru File Manager.
  4. Setelah itu anda bisa melakukan upload file ke dalam folder yang sudah terbuka pada halaman baru cpanel tadi.
    Ingat jangan sembarangan mengubah posisi folder atau nantinya akan berpengaruh pada situs anda yang lain (khususnya bila anda menggunakan fasilitas add on domain dari AnekaHost).

Upload File ke Hosting melalui FTP Software :

  1. Sebagai contoh, kami menggunakan software FileZilla dengan alasan software ini tersedia free di internet dan mudah untuk digunakan oleh siapa saja.
  2. Pada halaman tampilan awal, di kolom atas anda akan menemukan input field untuk address, username, password dan port. Posisi dari elemen ini berbeda-beda untuk tiap software, namun inilah yang harus anda cari terlebih dahulu dalam setiap FTP software yang anda gunakan.
  3. Isi address dengan alamat domain anda (beberapa FTP software mengharuskan anda menambahkan /cpanel dibelakang alamat address situs anda), username dan password dengan username dan password cpanel anda dan port dengan angka 21.
  4. Setelah itu anda akan dibawa dalam tampilan model file explorer, cari folder public HTML. Disinilah tempat anda mengupload file anda ke hosting nantinya.
  5. Setelah itu, silahkan buka folder lokal komputer anda. Pilih file yang ingin diupload, kemudian pilih upload dan proses transfer upload pun berjalan.

Apabila anda kurang jelas dalam proses upload file ke hosting, ada baiknya anda menghubungi pihak administrator anda dan minta untuk dibantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *